Untuk Mengukur Kemampuan Prajurit, Personel Kodim 1416/Muna Laksanakan Samapta

7

Muna–Untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan prajurit selama berlatih dan membina fisik di satuannya masing masing guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas sehari hari agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, Anggota Kodim 1416/Muna melaksanakan Samapta Periodik II TA. 2021, yang dilaksanakan di lapangan SOR (Sarana Olah Raga) Jln By Pass Kel. Wamponiki Kec. Katobu Kab. Muna (03/11/2021).

Kepala Staf Kodim 1416/Muna Mayor Inf La Budo, S.E mengatakan bahwa Samapta Periodik yang dilaksanakan kali ini tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M di karenakan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini”.

“Dalam pelaksanaannya seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan serta menjaga jarak”ucapnya.

“Sebelum pelaksanaan Kesamaptaan priodik, anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis, pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Poskes Kodim 1416/Muna dan dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta”lanjutnya

“Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi Samapta A yaitu lari 12 Menit dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). Pada pelaksanaan lari 3200 M peserta diperbolehkan membuka masker sesuai dengan petunjuk pelatih jasmani dari Korem 143/HO dan di lanjutkan dengan renang militer dasar di kolam renang “Topa” desa Labone Kec. Lasalepa Kab. Muna”imbuhnya.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan agar pelaksanaan Garjas (Kesegaran Jasmani) disesuaikan dengan kemampuan dan tidak boleh di paksakan dan betul betul memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan”.

Tim Jasmani KOREM 143/HO yang di pimpin oleh Pelda Laode Abdul Wahab, S.E mengatakan saya berharap garjas dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal kegiatan hingga selesai nantinya sesuai dengan kemampuan masing masing personel. Kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri”tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here