Kodim 1416/Muna laksanakan Pembersihan Kali Jompi Raha, Dalam Rangka HUT KODAM XIV/Hasanuddin

30

Dipimpin langsung oleh Dandim 1416/Muna Letkol Arm Andi Akbar S.S, M.Sc Personel Kodim 1416/Muna bersama dan warga sekitar di sekitaran permandian Kali Jompi , Kel. Laende Kec. Katobu Kab. Muna bekerja bakti membersihkan aliran Sungai Jompi dari tumpukan sampah dan lumpur yang ada disaluran sungai tersebut dalam rangka HUT KODAM XIV/Hasanuddin yang ke-64.

“Kerja bakti membersihkan sungai tersebut dilakukan mengingat debit air sungai tersebut sudah menyusut akibat pohon-pohon disekitarnya sudah ditebang secara liar”ucap Dandim.

“Puluhan personel Kodim 1416/Muna dan masyarakat setempat untuk mengambil sampah yang berada di aliran sungai, termasuk di setiap lorong sungai tersebut”tuturnya.

Dandim 1416/Muna mengatakan bahwa “Pembersihan sungai dilakukan untuk menanggulangi kiriman air dari atas yang bisa terjadi kapan saja, serta untuk membersihkan lumpur serta sampah-sampah disekitaran tersebut, ucap Dandim

Hari pertama, lanjut Dandim, fokus pengambilan sampah yang menyumbat aliran sungai, sedangkan hari berikutnya difokuskan untuk membersihkan seputaran sungai Jompi.

Sementara itu, Dandim 1416/Muna  menyambut positif adanya gerakan bersama bersih-bersih sungai sebelum turun hujan dengan intensitas tinggi agar tidak terjadi banjir.

Apalagi, lanjut dia, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan di aliran sungai, terutama sampah ranting pohon bambu, batang pisang, serta sampah lainnya yang sering kali tersangkut di bawah jembatan.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, kata Dandim 1416/Muna, butuh kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat sendiri agar tidak membuang sampah ke sungai karena bisa mengakibatkan banjir.

Beberapa aparat kelurahan setempat katanya, sudah berupaya melarang warganya membuang sampah di sungai karena bisa mengakibatkan aliran air sungai tidak lancar dan bisa mengakibatkan banjir,

“Aparat kelurahan juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah setempat yang wilayahnya dilewati aliran sungai untuk dibersihkan agar tidak terjadi banjir”tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here